Kamis, Januari 22, 2009

tips : Notebook aman, liburan nyaman

Kalau saya boleh usul, jadikan liburanmu sebagai liburan digital, bawa serta notebook, sekalian kamera digitalmu, dalam perjalanan ketempat – tempat berlibur yang sudah kamu rencanakan. Pasti asyik dech

Membawa perangkat – perangkat yang portable dan ringkas itu akan sangat berguna, kamu akan tetap bisa berhubungan dengan orang – orang tercinta melalui email, dan lewat email juga kamu bisa mengirim langsung foto – foto digitalmu ke teman – saudara – atau keluarga kamu.

Bukan itu saja, notebookmu yang dilengkapi dengan fasilitas multimedia bisa kamu gunakan untuk memutar VCD atau DVD dan kamu bisa mengedit dan menyimpan foto – foto digital hasil pemotretanmu, sebelum kamu kirim melalui email. Wah pokoke mak….nyuss hehe… deh liburan kamu.

Hanya saja, mungkin kamu bertanya – tanya apakah cukup aman membawa barang yang tidak murah itu dalam perjalanan, kalau cuma rusak sih masih lumayan, tapi kalo dicuri, bakal gede kerugian yang akan kamu alami.

Wajar kalo kamu mengkhawatirkan semua itu, sebab perangkat – perangkat itu tidak murah atau kocek yang telah kamu rogoh untuk itu tidak sedikit.

Tapi kamu jangan berkecil hati, apalagi membatalkan liburan digital kamu.

Ada tips – tipsku atau cara – cara yang setidaknya bisa kita upayakan, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan itu.

  • Cegah orang orang yang jahil atau sering disebut pencuri

Setidaknya hal yang pertama kamu lakukan adalah menjaga agar notebookmu tidak tercuri, untuk yang satu ini, kamu harus ekstra waspada, tangan – tangan jahil senantiasa mengincar sasaran – sasaran empuk seperti notebook dan juga kamera digitalmu.

Untuk mengantisipasi hal itu, usahakan kamu tidak membawa notebook dalam keadaan terbuka di tempat umum, kamu perlu atau harus menempatkan si mesin pintar didalam tas, kalau bisa sih tasnya jangan tas khusus untuk notebook, karena yang itu justru bisa memancing minat sang jahir atau sang pencuri.

Kamu bisa memasukkan dalam ransel atau tas punggung ( Backpack ), yang banyak tersedia dipasaran, yang lebih bagus lagi backpack yang didalamnya ada kantung khusus untuk notebook.

Antisipasi kedua yang kamu bisa lakukan, kalau toh kamu terpaksa harus menenteng notebookmu, ya kaitkan strap kantong asli notebook ke pergelangan tanganmu. Sehingga ketika ada yang menarik saat anda tidur diperjalanan, kamu bisa langsung sadar.

Tindakan – tindakan preventif semacam itu lebih penting ketimbang kita harus menanggung kerugian yang tidak kecil.

  • Urusan dibandara

Ketika kamu berada di bandara, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selain menjaga agar barang – barang kamu tidak hilang atau di curi.

Yang pasti terjadi adalah security check. Pemeriksaan keamanan oleh petugas bandara ini perlu anda pikirkan, mereka pasti akan menanyakan dan memeriksa notebook yang kamu bawa, kamu perlu mengantisipasinya.

Untuk itu, masukkan notebook kamu ke tas yang nantinya mudah kamu buka, sehingga kamu tidak kerepotan ketika menghadapi pemeriksaan. Backpack tampaknya cocok sebagai tempat notebook anda, karena tas satu ini akan senantiasa menempel di tubuh kamu, kamupun akan lebih mudah untuk mengeluarkannya untuk pemeriksaan.

Bagaimana dengan sinar-X yang digunakan untuk memeriksa barang – barang dibandara?apakah ini tidak merusak notebook? Menurut informasi yang saya himpun, sinar-X tidak berbahaya untuk notebook, jadi kamu tidak usah khawatir.

Ada satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan, yakni baterai notebook. Sebelum pergi pastikan baterai anda terisi penuh, bukan perkara kamu akan bekerja selama di perjalanan. Tapi, supaya kamu siap – siap saja, karena kemungkinan petugas meminta anda menyalakan notebook.

  • Baterai bikin ribet

Ketika anda hendak mengerjakan sesuatu pada notebook selama penerbangan menuju tempat liburan, usahakan baterai kamu sudaj terisi penuh, sehingga kamu tidak kebingungan ketika pekerjaan belum selesai tapi tenaga baterai sudah habis.

Belakangan ini semakin bertambah pesawat yang menyediakan outlet untuk tenaga listrik, baik untuk kelas satu maupun bisnis. Ini berarti anda bisa mengurangi penggunaan tenaga baterai, tapi lebih baik kamu tidak menggantungkan pada itu semata.

Namun, barang kali kamu sudah paham bahwa baterai masih menjadi persoalan ketika kita melakukan perjalanan. Entah itu baterai notebook, telepon seluler dan sejenisnya. Saya ada beberapa tips disini, yang mungkin bisa sedikit membantu merawat baterai anda.

  1. Baterai baru perlu di-charge penuh, dan di-charge antara tiga sampai lima kali untuk mengembangkan kapasitas charge-nya secara penuh, menjalankan secara konstan dan me-recharge-nya penuh secara regular, akan membantu mempertahankan baterai pada kondisi prima. Hal serupa juga berlaku pada baterai ion lithium, dan menjadi keharusan bagi tipe NiMH atau nikel metal hibrida. Cek pada label baterai kalau tak begitu yakin dengan tipe baterainya.

  2. Baterai sangat rentan, terhadap suhu yang ekstrem, panas sekali atau titik didih, atau dingin sekali atau titik beku, baterai akan cepat kehilangan tenaga. Makanya hal terbaik yang perlu di perhatikan atau dilakukan adalah mengecek kinerja baterai, sebelum kamu bepergian.

  3. Entah kamu bepergian dengan menggunakan mobil sendiri, kereta api modern, atau pesawat, kalau kamu menemukan colokan listrik yang bisa dipakai, langsung kamu gunakan saja.

  4. Jika kamu tidak mempunyai alternatip selain menggunakan tenaga baterai, coba anda minimalkan konsumsi baterai dengan mencopot PC card yang tak terpakai. Sebab itu bisa bikin boros baterai.

    atau baca tip ini

  • Saatnya liburan

Akhirnya kamu tiba dikota tujuan dan langsung menuju hotel, tempat menginap selama liburan. Setelah sejenak beristirahat, kamu berencana untuk jalan – jalan diseputar kota.

Tapi sayang ketika kamu ingin beranjak keluar hotel, turun salju atau turun hujan yang dibarengi angin kencang, batal dech rencananya. Tapi kamu tak terlampau kecewa, khan masih ada hari lain, dan yang jelas hiburan di notebook kamu sudah menunggu di kamar kamu.

Kebetulan notebook kamu memiliki spesifik tinggi, bisa dioperasikan untuk multimedia. Apalagi dilengkapi dengan drive DVD.

Kamu bisa memutar film kesukaan kamu, sementara kamu mulai bosan dengan film, kamu langsung mengeluarkan koleksi CD atau DVD yang kamu bawa dari rumah, kalau kamu ingin yang lebih interakstif, kamu bisa memainkan koleksi game kamu.

Notebook kamu telah menjadi pusat hiburan, dan kamu tentunya ta perlu putus asa ketika terjebak dikamar hotel, gara – gara cuaca yang tidak ramah.

Selain itu, jika kamu sudah sempat mengambil sejumlah foto dengan kamera digital, kamu bisa men-tranfer gambar – gambar kamu ke notebook. Setidaknya akan membebaskan memori di kamera agar tidak terlalu penuh, sehingga kamu bisa melakukan pemotretan lagi.

Proses image-editing bisa loh kamu lakukan, untuk mengisi waktu kamu dari pada sia – sia terbuang, setelah itu, bila notebook kamu telah terhubung keinternet,kamu bisa mengirim foto – foto kamu langsung via email ke teman – temanmu atau sanak-saudaramu. Sip menyenangkan khan?...

 

Copyright © 2011 by fey_leo83